Headlines News :
Home » » Aplikasi Penyuluhan Pertanian Berbasis Android Segera Diluncurkan Gubernur Jawa Tengah

Aplikasi Penyuluhan Pertanian Berbasis Android Segera Diluncurkan Gubernur Jawa Tengah

Written By Redaksi on Minggu, 18 Desember 2016 | 02.40.00

KARANGANYAR.SuaraPekerja.com. Peluncuran Aplikasi Petani Jawa Tengah yang diresmikan oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah , Ganjar Pranowo SH , M.IP merupakan langkah untuk mendukung kemudahan para petani untuk berkomonkasi dengan para pakar pertanian .

Acara yang diselanggarakan di Lapangan Desa Jatiyoso ,  Kabupaten Karanganyar , Solo ,Jawa Tengah , dihadiri oleh Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pusat , Ditjen PKH Kementan, Ditjen Aptika, Ketua Pokjanas TPID , Kadinas Tanaman Pangan dan Hortikultural Jawa Tengah, Kepala STTP , Perwakilan Faperta UGM  , Direksi Bank Jateng , Direktur Bank Jateng, Executive senior Bank Jateng , para kelompok tani se Jawa Tengan , mahasiswa dan warga masyarakat , pada Minggu (18/12/2016).

Dengan peluncuran aplikasi ini , semoga kedepan bisa mendukung keberlanjutan Sinergi Aksi yang pernah dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada 11 April 2016 di Brebes Jawa Tengah , sebagai salah satu upaya pemerintah kepada para petani agar mempunyai kesempatan bekerja atau berusaha yang layak melalui pemerataan jaringan komonikasi kepada petani , peternak maupun nelayan .

" Aplikasi ini diharapkan bisa menjangkau pada 5,39 juta petani yang ada di Provinsi Jawa Tengah , sehingga mereka bisa meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya mampu meningkatkan tarap hidup petani ,"  jelas Ganjar Pranowo .

Hal ini sesuai dengan program pemerintah untuk mewujudkan Swasembada Pangan di Tanah Air .
Untuk itu pengetahuan petani melalui jaringan aplikasi ini perlu ditingkatkan , sehingga bisa membawa dampak pada peningkatan hasil pertaniannya .

"Aplikasi petani Jateng nantinya dilengkapi dengan kesiapan dukungan stand by buyer , dari hulu ke hilir dan ditopang oleh Bank Jateng secara komersial , dengan demikian petani bisa mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi dan bisa bertanya langsung pada pakar pertanian melalui Aplikasi ini ," Imbuhnya .

Terpisah , melalui wawancaranya kepada Suparno (petani loncang) di Desa Ceto Ngargoyoso ,  terbukti bahwa Aplikasi ini bisa memberikan akses yang maksimal , dimana antar daerah terpencilpun bisa lancar berkomonikasi dengan sinyal yang bagus .

Tidak hanya itu , para petani yang berhasil panen dengan maksimal bisa membagikan resepnya melalui Aplikasi ini .

Terkait dengan permodalan , para petani yang membutuhkan modal bisa mengajukan kredit  dan pemberian pinjaman tentunya akan melihat rekam jejak mereka dalam produksi agar lebih mudah untuk memverifikasi pinjaman .

Dengan diluncurkannya Aplikasi Petani Jateng berbasis android ini , semoga bisa digunakan oleh para petani , sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat terlibat secara aktif dan memonitor sistim informasi ini agar perilaku komoditas dan pengendalian harga bisa diperoleh dengan harga yang maksimal antara petani dan konsumen . //Yosep agus.

Share this article :

Subscrib Me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
I Pedoman Media Siber | Syarat Dan Ketentuan | Redaksi
Powered by SuaraPekerja
Copyright © 2011. Jatim Today | Portal Berita Jawa Timur - All Rights Reserved
Design by Creating Website Published by Mas Template